Selasa, 21 Mei 2013

Tugas ( pengantar bisnis )



 (PENGANTAR BISNIS)
  1. Jelaskan mengenai lingkungan internal dan eksternal perusahaan!
Jwb :
suatu proses dengan mana perencanaan mengkaji pemasaran, dan distribusi perusahaan, penelitian dan pengembangan, produksi dan operasi, sumber daya dan karyawan perusahaan, serta faktor keuangan dan akuntansi untuk menentukan dimana perusahaan mempunyai kekuatan dan kelemahan yang penting sehingga perusahaan dapat memanfaatkan peluang dengan cara yang paling efektif dan dapat menangani ancaman di dalam lingkungan.Lingkungan internal terdiri atas karyawan, manajemen, pemegang saham, modal dan peralatan fisik, serta informasi.
·         Lingkungan eksternal terdiri dari dua komponen, yakni lingkungan khusus dan umum.Lingkungan khusus, meliputi konsumen, pemasok, pesaing, dan kreditor.
·         Lingkungan umum, meliputi berbagai faktor, antara lain kondisi ekonomi, politik dan hukum, sosial budaya, demografi, serta teknologi dan kondisi globalisasi.

2.       Jelaskan mengenai bentuk-bentuk badan usaha serta kelebihan dan kelemahannya!
Jwb :
1 . Perusahaan Perseorangan
Kelebihan perusahaan perseorangan:
a.       Mudah di bentuk dan di bubarkan
b.      Bekerja dengan sederhana
c.       Pengelolaannya sederhana
d.      Tidak perlu kebijaksanaan pembagian laba
Kelemahan perusahaan perseorangan:
a.       Tanggung jawab tidak terbatas
b.      Kemampuan manajemen terbatas
c.       Sulit mengikuti pesatnya perkembangan perusahaan
d.      Sumber dana hanya terbatas pada pemilik
e.       Risiko kegiatan perusahaan di tanggung sendiri
2. Firma
Kelebihan firma:
a.       Prosedur pendirian relatif mudah
b.      Mempunyai kemampuan finansial yang lebih besar, karena gabungan
modal yang dimiliki beberapa orang
c.       Keputusan bersama dengan pertimbangan seluruh anggota firma,
sehingga keputusan-keputusan menjadi lebih baik.
Kelemahan firma:
a.       Utang-utang perusahaan di tanggung oleh kekayaan pribadi para anggota
firma
b.      Kelangsungan hidup perusahaan tidak terjamin, sebab bila salah seorang
anggota keluar, maka firmapun bubar.
3. Perseroan Komanditer ( Commanditer Venootschap)
Kelebihan perseroan komanditer:
Pendiriannya relatif mudah
a. Modal yang dapat dikumpulkan lebih banyak
b. Kemampuan untuk memperoleh kredit lebih besar
c. Manajemen dapat didiversifikasikan
d. Kesempatan untuk berkembang lebih besar
Kelemahan perseroan komanditer:
a. Tanggung jawab tidak terbatas
b. Kelangsungan hidup tidak terjamin
c. Sukar untuk menarik kembali investasinya
4.      Perseroan Terbatas
kebaikan perseroan terbatas:
a. Kelangsungan hidup perusahaan terjamin
b. terbatasnya tanggung jawab, sehingga tidak menimbulkan risiko bagi
c. kekayaan pribadi maupun kekayaan keluarga pemilik
d. Saham dapat di perjualbelikan dengan relatif mudah
f. Kebutuhan kapital lebih besar akan mudah di penuhi, sehingga
e. memungkinkan perluasan-perluasan usaha
f. pengelolaan perusahaan dapat dilakukan lebih efisien
kelemahan perseroan terbatas:
a. Biaya pendiriannya relatif mahal
b. Rahasia tidak terjamin
c. Kurangnya hubungan yang efektif antara pemegang saham
5.      Badan Usaha Milik Negara (BUMN)
6.      Koperasi
3.      Dalam merancang struktur organisasi yang layak, harus memperhatikan beberapa hal, antara lain work specialization,departementalization, chain of command, dan span of management control. Jelaskan artinya!
Jwb :
-          Work specialization (spesialisasi kerja) adalah kadar yang digunakan untuk membagi  bagi tugas – tugas organisasi menjadi pekerjaan – pekerjaan yang lebih spesifik.
-          departementalization (Departementalisasi) adalah , Karakteristik penting dari struktur organisasi yang menjadi landasan untuk mengelompokkan jabatan – jabatan tertentu ke dalam departemen – departemen, dan departemen – departemen ke dalam organisasi secara keseluruhan.
-          Rantai perintah ( chain of command ) adalah garis wewenang yang tidak terputus di mana menghubungkan semua orang dalam sebuah organisasi dan menunjukkan posisi orang – orang tersebut.
-          span of management control( Ruang Lingkup control Manajemen)adalah jumlah pegawai yang membarikan laporan pada supervisor. Ruang lingkup manajeman terkadang juga disebut ruang lingkup pengendalian.





1 komentar: